Setelah sekian lama saya akhirnya nulis lagi postingan 'DIY' atau Do It Yourself . Sebenernya seneng bisa sharing apa yang bisa k...

DIY : 'Pompom Flowers' untuk Mempercantik Sepatu Lamamu

/
3 Comments


Setelah sekian lama saya akhirnya nulis lagi postingan 'DIY' atau Do It Yourself . Sebenernya seneng bisa sharing apa yang bisa kita buat untuk orang lain, tapi artikel kayak gini butuh energi ekstra, hehe. Harus bikin proyeknya, dan lebih penting lagi foto tiap step dan keterangannya harus jelas supaya yang mau bikin juga gak bingung >.< Semoga post DIY saya jelas dan berguna yah, soal kualitas poto mohon dimaafkan krn belum punya kamera yg bagus >.<

Oke proyek DIY kali ini adalah 'pompom flower' yang sebenernya lagi nge-tend juga lho buat bros para hijabers, jadi banyak juga yang jualin,padahal ini gampang banget lho bikinnya! Gak perlu skill jahit yang mumpuni dll. Nah karena saya belum jadi hijaber dan jarang pake bros juga jadi ni bunga mau buat hias sepatu lama saya yang sebenernya ada pitanya tapi uda lepas,hehe.Yah karean budget beli sepatu jg belom ada gak salahnya yg lama dipercantik biar kayak baru lagi :)



Apa kamu punya sepatu lama yang mau dibuat beda?Hoho, nyok buat :D

Pertama siapin dulu bahan ma alatnya:


  1. Kain . Jenis kainnya bisa apa aja, saya liat banyak penjual bros yang memakai sifon,dll. Disini saya memakai kaos lama yang sudah tidak dipakai lg.  Ada dua corak yang saya pakai :abu-abu gelap dan kaos yang bermotif stripes merah-putih, nada warnanya cocok lah dengan sepatu saya yang mau dihias ini. Memakai kaos/pakaian lama membuat kita jadi menghemat dan lebih kreatif lho krn bisa mengubah yg gak berguna jd lebih keren dan bermanfaat. Yang penting pastiin aja bener2 uda gak kepake, hehe.
  1. Jarum dan benang
  1. Lem
  1. Cetakan lingkaran. Lingkaran disini nanti terserah dengan besar bunga yang kamu inginkan.
  1. Kain flanel. Flanel disini dijadikan dasaran bunganya karena flanel lebih tebal dan mudah ditemui. Perlunya sedikit aja kok, gunting sesuai cetakan lingkaran, kita hanya butuh 2 buah lingkaran ya.

Cara buatnya:
  1. Kain yang menjadi bahan kita potong lingkaran/bulat sesuai cetakannya. Masing-masing bunga biasanya butuh  10-15 buah kain yang sudah dipotong lingkaran. Bisa ditambah lagi kok jika suka :). Nah, karena disini saya pakai 2 jenis kain, jadi saya potong 30 buah lingkaran tiap kain, nanti akan dibagi untuk 2 bunga: 15 abuabu+15 stripes merah tiap bunga.
  1. Siapkan benang dan jarum untuk siap menjahit
  2. Oke kita mulai bagian intinya : 1) Ambil kain yang sudah digunting, karena saya pakai 2 tone warna, jadi saya dobeli: saya letakkan kain stripes merah diatas yang abu2, bagi yang Cuma pake 1 kain dan warna gak usah didobeli gakpapa kok.  2) Lipat lingkaran menjadi 2 /setengah lingkaran.  3) Lipat lagi 1/3 bagiannya. 4) Lipat menjadi 3 bagian dan siap dijahit. 5) Setelah dilipat jahit ke kain dasaran/flanelnya, kita susun melingkar. Ulangi step nomor 3 diatas pada lingkaran selanjutnya dan jahit lagi sampai penuh dan bunga pompom kita jadi ;)
Jika kurang jelas liat gambar yak :)

 Setelah bunga selesai, kita bisa lem dengan peniti bros jika mau dijadikan bros, lem ke ikat rambut atau jepit rambut, atau seperti saya : Menghias sepatu!


Voila! Sepatu 'baru' saya udah jadi deh, tinggal dipake jalan2, hohoho.



You may also like

3 komentar :

  1. aiiihh makasih taa >.< yok buat bros,hahaha

    eh taa,kamu buat blazer ijomu itu jahit tangan beneran?

    BalasHapus
  2. saya numpang ng-tag artikelnya, ya...

    BalasHapus

hai please leave a comment (•ˆ_ˆ•)