Dari Gogirl! edisi Januari 2013 ini ada satu lagi barang yang akhirnya saya buat selain stud earrings . Jadi memang beberapa minggu yang ...

DIY : Leopard Patterned Clutch Bag (Inspired by GoGirl! January 2013)

/
6 Comments
Dari Gogirl! edisi Januari 2013 ini ada satu lagi barang yang akhirnya saya buat selain stud earrings. Jadi memang beberapa minggu yang lalu saya beli kain motif leopard di toko kain kiloan harganya cuma Rp 9.500 aja lho (kira-kira ukurannya 1m x1,5m). Tapi sampe rumah masih bingung mau dibikin apa dulu ini kain, jadi masih dianggurin aja. Dan waktu baca majalah Gogirl! Januari, tepatnya sih halaman Korean Street Style nya yang bilang kalo cewek-cewek disana lebih suka memadukan oversize clutch dengan pakaian mereka. Jadi kepikiran deh dibikin clutch bag dulu aja kainnya, plus bisa juga diikutin di Blogger Review Contest -nya :)


Sebenernya sih maunya dibikin juga oversize clutch kayak di majalah, tapi karena masih belum punya mesin jahit jadi semua dijahit pakai tangan untuk buat yang bener-bener oversize clutch butuh tenaga ekstra. jadi terpaksa ukurannya dikurangi deh untuk ngurangin beban jahitnya. Harap maklum >.<

Alat dan Bahan:
1. Kain. Untuk luaran bisa pakai apa aja sesuai selera, tapi kalo kamu masih jahit tangan juga sebaiknya pake bahan katun atao kain yg agak tipis aja dengan motif pilihanmu. Jangan pilih kulit ato jeans misalnya, karena meski jarum bisa nembus tapi agak menghambat juga dan cepet capek karena lebih tebal, jadi jahitnya jg butuh tenaga ekstra ;)

2. kain flanel (untuk daleman clutch)

3. Jarum dan benang

4. Kancing Magnet

5. Zipper/ritsleting. Panjangnya disesuaikan sendiri dengan clutch yang mau kamu buat.

6. Stud/spike. Untuk hiasan aja, boleh gak pakai kok :)

Oke, clutch yang saya buat ini model clutch lipat (foldable clutch) yang kalo dilipat ukurannya adalah 22 cmX25cm. Akan ada ritsleting untuk membuka plus kancing magnet di bagian depan. Untuk lebih jelasnya kita lihat pola ya :


Cara buatnya:
1. Gunting kain sesuai pola. Untuk pola badan tas :kain flanel digunting sesuai ukuran pola, sedangkan untuk kain luaran dilebihkan sedikit. Bagian zipper hanya butuh kain flanel aja :)

2. Pertama kita kerjakan bagian zippernya dulu! Jahit kain flanel yang sudah digunting pada zipper dengan tusuk feston. Setelah selesai dengan satu sisi, kerjakan untuk sisi lainnya.
Lalu tutup kedua ujung zipper dengan kain flanel potongan kecil dengan tusuk feston juga. Bagian zipper selesai :)

3. Satukan kain flanel dan kain luaran yang sudah digunting. Jahit bagian zipper yang sudah selesai pada ujung pola badan tas bagian dalam (jangan salah jahit ya,hehe). Disini saya memakai tusuk tikam jejak. Usahakan jahit dengan rapi walau pakai jahit tangan.
Lakukan pada kedua sisi ujung tas.

4.Setelah zipper berhasil dipasang, kini tinggal menjahit kanan-kiri badan clutch-nya. Caranya adalah balikkan tas (bagian dalam menjadi diluar), rapikan kedua sisinya lalu jahit dengan menggunakan tusuk tikam jejak.

5. Clutch selesai dijahit, lengkapi dengan memasang klip magnet pada daerah lipatan clutch ketika dilipat

6. Hias bagian depan clutch dengan stud agar makin menarik. Bisa juga dengan korsase atau yang lain :)
Dan clutch mu selesai !! Bisa bawa jurnal Gogirl! mu, Hp, dll waktu ngedate >.<



***



Postingan ini saya ikutkan untuk kompetisi Blogger Review Contest Gogirl! Januari 2013.
Doakan saya yak :D



You may also like

6 komentar :

  1. You'r so cool!
    Ambun, Bagus bgt! Mau nyoba yg ini darl :-)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. thank you dear,,

    *lap keringet dulu nih, hehe

    yok buat juga, haha.
    mau buat yang polosan jugak nih jadinya, hehe

    semangatt!!

    BalasHapus
  4. Hai, sorry nih, mau tanya. Kamu beli kainnya itu dimana ya tepatnya? Dan bahan kainnya kalo boleh tau kayak apa? Apa mirip bahan kain untuk hijab ato lumayan tebal ya? Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai maap banget telat balesnya, hiks.
      aku beli kain di toko kain biasa kok. yang ini lumayan lemes. kamu boleh pake kain apa aja, dengan corak yang kamu suka. kalo kamu pengen yang tebel ato kaku, boleh ditambah furing lagi ato pake kain keras (dijual juga biasanya di toko craft ato toko jahit).

      semoga membantu :)

      Hapus
  5. nice info nih. Kadang kalo mo beli, selain harganya mahal modelnya gak sesuai dg harapan. Kalo bikin sendiri kan bisa nyesuaiin sama bajunya juga (temanya lagi pengiritan hehehe)

    BalasHapus

hai please leave a comment (•ˆ_ˆ•)